Kisah Pohon Kelapa

Kamis, 23 Juni 2011

| | |


Dahulu kala hiduplah seorang kakek tua.  Ia sudah sangat tua, banyak orang mengatakan usianya sudah seribu tahun.  Kakek itu juga sangat bijaksana dan mengatahui banyak hal.  Banyak orang datang ke guanya di dekat laut. Mereka meminta kakek membantu memecahkan masalah mereka.

Pada suatu hari , seorang pemuda datang menemui sang kakek. 

“Kakek yang bijak,” kata pemuda itu.

 “Aku ingin menjadi orang yang berguna bagi orang lain. Aku ingin melayani sepanjang hidupku.  Katakan padaku, kek, bagaimana aku dapat melakukannya?”

“Niatmu sangat terpuji,” kata kakek.

“Bawalah kotak ajaib ini. Jangan kaubuka kotak ini sebelum kau tiba di rumah.  Ingat, bila engkau membukanya sekarang, sesuatu akan terjadi pada dirim.”

“Terima kasih, kek,” kata pemuda. Ia mengambil kotak itu dan pergi.

Ketika tiba di luar gua, ia berhenti. 

“Aku penasaran, apa yang ada dalam kotak ini?” katanya dalam hati. 

“Aku lihat saja apa isinya.”

Ia membuka kotak itu dan seketika itu juga ia berubah menjadi sebatang pohon yang tinggi, pohon kelapa.  Itulah hukuman baginya karena tidak mematuhi peringatan sang kakek, namun ia tetap menjadi apa yang ia inginkan, karena  berguna untuk orang lain. Semua bagian pohon kelapa, dari akar, batang, buah, daun hingga bagian yang lain bermanfaat bagi manusia

0 komentar:

Posting Komentar